Catat, Polres Ciamis Lakukan Penghijauan Lahan Kritis di Pangandaran

CIAMIS – Polres Ciamis Polda Jawa Barat melakukan penanaman pohon untuk penghijauan. Menariknya, penghijauan lebih menyasar pada lahan kritis yang berlokasi di Pangandaran, persisnya di blok Kitambaga petak 7A RPH Cisaladah BKPH Pangandaran.

Penanaman pohon dilakukan di atas lahan seluas 13,6 Ha (136.000 m2). Jumlah pohon yang di tanam sebanyak 5.440 bibit pohon dari jenis pohon keras dan buah-buahan.

Dari jumlah tersebut, tanaman MPTS buah durian, jeruk, mangga, jengkol dan pete sebanyak 1.088. Sementara tanaman kehutanan seperti kiara, salam dan kosambi dan trembesi sebanyak 4.352 buah.

Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso menjelaskan, penghijauan lahan kiritis di Pangandaran merupakan sinergitas Polres Ciamis, Kodim 0613, Pemkab Pangandaran, Perhutani dan masyarakat setempat.

“Sinergitas ini patut kita apresiasi, karena kesadaran menghijaukan kembali lahan kritis memiliki banyak manfaat,” terang Kapolres.

Lebih dari itu, bibit tanaman yang ditanam juga merupakan tanaman yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Seperti jeruk, mangga, pete dan durian, sehingga nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat,” lanjut Lulusan Terbaik Akpol 2001 ini.

Kapolres berharap semua pihak turut menjaga dan merawat tanaman tersebut agar dapat tumbuh dengan baik, sehingga program penanaman dan penghijauan kembali di lahan kritis ini bisa berhasil.

“Tujuannya agar masyarakat dapat menikmati hasilnya di masa yang akan datang. Mari kita jaga dan rawat hutan, apa yang sudah kita tanam hari ini, nantinya kita juga yang akan menikmati hasilnya,” pungkas Kapolres.

Hadir dalam kegiatan tersebut sekitar 1000 orang, termasuk Bupati Pangandaran, Wakil Bupati Pangandaran, Ketua DPRD dan Anggota, Sekda, Dandim 0613/Ciamis, Kasi PSDH KPH Ciamis, Para Kepala SKPD Pangandaran hingga Camat Se-Pangandaran.

 

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *